SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENDIDIKAN KIMIA SMK ASYIK BERSAMA TRI GOESEMA PUTRA SAHABAT TEKNOLOGI RIAU TAHUN 2023

Wednesday, November 10, 2021

Tugas PembaTIK Level 4 Tahun 2021_SRB Riau_Tri Goesema Putra


IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING  

PADA MATERI SENYAWA POLIMER DAN PEMANFAATAN KARET ALAM DI RIAU 

MENGGUNAKAN PORTAL RUMAH BELAJAR


1.  Vlog


Link Vlog : https://youtu.be/tqN6SjYK55Y


2.  Blog

      Tugas Blog PembaTIK Level 4 SRB Riau_Tri Goesema Putra


3.  Kegiatan Tatap Muka dan Tatap Maya

A.  Kegiatan Tatap Muka

  • Install Aplikasi Rumah Belajar dan Bergabung dengan Media Sosial Rumah Belajar
Di awal kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Model Pembelajaran Inovatif dengan menggunakan rumah belajar, saya mengajak seluruh peserta kegiatan untuk menginstal aplikasi rumah belajar dan bergabung dengan media sosial rumah belajar.

 


  • Mengenal Fitur Rumah Belajar

    Setelah memasang aplikasi rumah belajar, saya mengenalkan fitur-fitur yang ada pada Aplikasi Rumah Belajar tersebut. Serta menjelaskan fungsi dan kegunaan dari fitur-fitur yang terdapat di aplikasi rumah belajar tersebut. Peserta diajak untuk mengeksplore fitur-fitur tersebut dalam rangka mencari ide untuk mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan portal rumah belajar.


Kegiatan Inti Sosialisasi

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING  PADA MATERI SENYAWA POLIMER DAN PEMANFAATAN KARET ALAM DI RIAU MENGGUNAKAN PORTAL RUMAH BELAJAR


Latar Belakang

    Seiring dengan perkembangan zaman era industri 4.0, yang mana perkembangan teknologi digital sangat pesat. Tentu saja dibutuhkan pembelajaran yang berbasis TIK. . Pembelajaran berbasis TIK adalah upaya memanfaatkan kemajuan TIK untuk mendukung proses pembelajaran. Dalam pembelajaran berbasis TIK, TIK berperan sebagai media penghubung untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik. Situasi pandemi juga semakin menuntut pemerintah untuk memfasilitasi guru  dan siswa dengan portal belajar yang dapat membantu proses belajar dari rumah atau belajar dengan sistem daring. Pemerintah, dalam hal ini Kemendidkbud melakukan inovasi  dengan menyediakan sebuaqh portal belajar yaitu Rumah Belajar. Rumah Belajar  dengan berbagai fitur  keren dapat mendukung komunikasi antara guru dan siswa dalam proses belajar daring 

    Rumah Belajar sebagai bentuk inovasi pembelajaran  yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, siswa  dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Untuk itu perlu diadakannya inovasi dalam proses kegiatan belajar mengajar, salah satunya dengan memanfaatkan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar yang dikembangkan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, hal ini akan membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Guru dalam proses pembelajaran dalam memanfaatkan fitur pada rumah belajar yang dapt dikaitkan dengan kearifan lokal suatu daerah agar siswa lebih mendapatkan dan merasakan pembelajaran yang bermakna.

    Pada tema kali ini  dalam pemanfaatkan fitur sumber belajar di portal rumah belajar pada proses pembelajaran, saya mengaitkan kearifan lokal daerah setempat yaitu perkebunan karet demgan menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning. Saya mengimplementasi model Project-Based Learning pada materi senyawa polimer yang memanfaatkan limbah karet yang semula  menjadi sampah yang tak berguna, kemudian di daur ulang menjadi barang dan seni yang bernilai dengan memanfaatkan portal rumah belajar sebagai sumber belajar siswa.

3.1.    Model Pembelajaran Inovatif

Apa itu Model-Model Pembelajaran Inovatif?

Sebelum menerapkan model-model pembelajaran inovatif, seorang pendidik seharusnya telah memahami karakteristik dan tujuan penerapan setiap model pembelajaran yang ingin dicapai oleh peserta didik. Setiap model pembelajaran akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda seiring dengan tujuan dan karakter yang ingin dibentuk pada peserta didik. Dengan memahami tujuan dari setiap model pembelajaran yang akan diterapkan, seorang pendidik akan mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didiknya. 

Model-Model Pembelajaran Inovatif
  • Model Discovery-Inquiry 
  • Model Flipped Classroom 
  • Model Project Based Learning 
  • Model Blended Learning 
  • Model Berbasis Game
  • Model Self Organized Learning Environments/SOLE

Model Project Based Learning

Model Project Based Learning adalah model pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik melalui konsep yang dibangun berdasarkan produk yang dihasilkan dalam proses pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran ini cocok diterapkan ketika pendidik menginginkan peserta didik terlatih untuk mampu mencari solusi dan berkolaborasi untuk mengerjakan sebuah proyek untuk mengatasi suatu permasalahan konkret yang mereka hadapi.

Panduan Model Pembelajaran Inovatif dengan Menggunakan Portal Rumah Belajar 

Download di SINI


Tahapan Model Pembelajaran Project Based Learning

    • Tahap 1. Penentuan Pertanyaan Mendasar

Mengajukan masalah yang ditimbulkan oleh limbah ban yang banyak dijumpai di lingkungan sekitar dan menjadikannya lebih berguna. 

    • Tahap 2. Mendesain Perencanaan Proyek

Membagi kelompok dan siswa berdiskusi membahas tema dan permasalahan yang akan diangkat dalam projek.

    • Tahap 3. Menyusun Jadwal 

Menampilkan slide yang berisi jadwal dan batas  akhir pengumpulan hasil kerjasama kelompok via slide dilayar.

    • Tahap 4. Memonitor Siswa dan Kemajuan Proyek 

Memantau hasil kerjasama siswa dan berdiskusi tentang kemajuan proyek siswa

    • Tahap 5. Menguji Hasil 

Siswa melakukan presentasi hasil

 

3.2.    Materi Senyawa Polimer dan Kegunaannya

Sumber Rumah Belajar : https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/

Klik link ini : Senyawa Polimer dan Kegunaannya


3.3.   Kekayaan Alam Perkebunan Karet di Riau

Kekayaan, Kegunaan dan Pemanfaatan Limbah Karet di Riau

Tumbuhan pohon karet adalah tumbuhan banyak menfaat dan dapat terus tumbuh hingga 30 tahun.  Riau adalah salah satu penghasil tumbuhan karet terbesar ketiga di Indonesia.



Statistik Luas Areal Karet di Riau

 

Kegunaan Karet Alam adalah sebagai berikut:

    • Pembuatan Karet
    • Bahan Dalam Industri Sintetis
    • Bahan Bakar
    • Pembuatan Tikar Lantai
    • Bahan Campuran Makanan
    • Pembuatan Perabotan Dapur
    • Bahan Obat-obatan

Pemanfaatan Limbah Karet

Melihat bagaimana besarnya kekayaan karet di Riau, potensi karet yang menjadi limbah juga semakin besar. Daripada limbah karet menajdi sampah yang tak berguna, lebih baik mendaur ulangnya menjadi barang dan seni yang bernilai.

    • Alas Sandal : Limbah ban dicacah sehingga menjadi serbuk dan dibentuk menjadi alas sandal/sepatu.
    • Tempat Duduk : Ini bukanlah sesuatu yang asing. Limbah ban yang dijadikan tempat duduk sudah banyak yang dijual dipasaran.
    • Casing Pengeras Suara : Pengeras suara umumya terbuat dari serbuk kayu yang mudah hancur jika terkena air. Dengan limbah ban bekas sebagai casing pengeras suara akan menjadi lebih tahan. 
    • Pot Tanaman : Limbah ban bekas juga bisa digunakan sebagai pot tanaman agar lebih tahan terhadap berbagai cuaca karena limbah ban dikenal dengan ketahanannya.


Hasil Pembelajaran Siswa Menggunakan Model Project Based Learning



Kegiatan Tatap Muka di SMAN 1 Tambang

      Peserta Sosialisasi dan "IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING  PADA MATERI SENYAWA POLIMER DAN PEMANFAATAN KARET ALAM DI RIAU MENGGUNAKAN PORTAL RUMAH BELAJAR" secara Tatap Muka/Offline ini terdiri dari guru-guru Kimia SMA se Kabupaten Kampar yang berasal dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Kampar. 

      Dokumentasi dan Absensi Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 1 TAMBANG ini dihadiri sebanyak 36 Orang Guru Kimia se Kabupaten Kampar yang dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 9 September 2019 dimulai dari pukul 08.00 sd 10.00 WIB di Ruang Aula di SMAN 1 TAMBANG.

    Alhamdulillah Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Semoga Guru-Guru Kimia SMA Kabupaten Kampar dapat mengembangkan Model-Model Pembelajaran Inovatif lainnya dengan menggunakan Portal Rumah Belajar dan Kearifan Lokal di Provinsi Riau.

Materi Persentasi Kegiatan 

.

Dokumentasi Foto Kegiatan



Absensi Peserta Kegiatan 



Video Kegiatan Tatap Muka Implementasi Model Pembelajaran Menggunakan Portal Rumah Belajar.



PENUTUP

    Demikian Laporan Sosialisasi dan "IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING  PADA MATERI SENYAWA POLIMER DAN PEMANFAATAN KARET ALAM DI RIAU MENGGUNAKAN PORTAL RUMAH BELAJAR" di Sekolah yang sudah penulis lakukan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik, terima kasih juga kepada Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan Peningkatan Kompetensi TIK sehingga penulis dapat berbagi ilmu, wawasan, kompetensi dan pengalaman terkait pemanfaatan TIK dalam pembelajaran kepada guru-guru dalam kegiatan sosialisasi dan implementasi model pembelajran inovatif dengan memanfaatkan rumah belajar yang penulis lakukan.

    Mohon maaf atas kesalahan baik dalam penulisan maupun dalam menyusun kata demi kata dalam laporan ini.


Kampar Prov. Riau, 10 Nopember 2021
Penulis,
Tri Goesema Putra
SRB Riau 2021
SMKN 1 XIII KOTO KAMPAR

#PusdatinKemendikbudristek
#PembaTIK2021 #DutaRumahBelajar2021 #RumahBelajar2021 #BerbagiTIK




2 comments:

gusyuli said...

Sangat keren, mantabs Pak ... Terus menginspirasi ...

Tri GP said...

Terimakasih Pak @Gusyuli

Terima kasih atas komentar anda :-)

Categories

Games Kimia (147) KIMIA MULTIMEDIA (137) MEDIA PEMBELAJARAN (128) INFO PENDIDIKAN (92) BUKU KIMIA (88) Blogger (74) PRAKTIKUM (68) VIDEO (53) Modul Media (50) Modul (44) SOAL KIMIA (42) Kemdikbud (39) Rumah Belajar (39) Laboratorium (38) Pusdatin (37) SRBRiau2020 (33) Tip Trik Media Pembelajaran (30) DRB Riau (22) PERCOBAAN KIMIA SEDERHANA (22) Diklat Online (20) #pembatiklevel4 #sahabatteknologi2023 #MerdekaBelajar #PlatformMerdekaMengajar #SahabatTeknologi #PembaTIK2023 #PembaTIKLevel4 (19) BUKU KOMPUTER (19) INFO (18) IPTEK (18) PembatikLevel4 (18) SRB Riau (12) LOMBA (11) PembaTIK2022 (11) Diklat Guru NgeBlog (10) Karya Ilmiah (9) DutaRumahBelajar2022 (8) PusdatinKemendikbudristek. PembaTIK2022 (8) RumahBelajar2022 (8) SRBRiau2022 (8) Kurikulum 2013 (7) MULTIMEDIA (7) PROGRAM KEAHLIAN GANDA (7) Assemblr (6) IGI (6) Kurikulum (6) assemblredu (6) BerbagiTIK (5) FORTOFOLIO TUGAS SISWA (4) INDITIK (4) Kelas X (4) Materi (4) PusdatinKemendikbudristek (4) assemblrworld (4) AGENDA IGI (3) DutaRumahBelajar2021 (3) PembaTIK2021 (3) RumahBelajar2021 (3) SOAL ONLINE (3) AR (2) Buku (2) HUMOR KIMIA (2) KUMPULAN TUGAS SISWA (2) PRESTASI (2) PUISI (2) PusdatinKemendikbudristek. (2) TTS KIMIA (2) belajar.id (2) 3D (1) Akun Belajar (1) Akun Pembelajaran (1) Animasi (1) Dinas Pendidikan (1) DiseminasiTOT (1) GWE (1) GuruInovati (1) MIEE (1) Menulis Rumus Kimia (1) Microsoft365 (1) Office365 (1) PusdatinKemendikbudristek. PembaTIK2021 (1) Refo (1) Riau (1) SMK (1) Soal (1) TRAINER IT (1) TV_Edukasi (1) Tokoh Ilmuwan (1) Trainer (1)

Salam Guraruers

Salam Guraruers
Tri GP : @gurukimiaasyik

My Data

About Me

One Teacher One Blog

Komunitas Sejuta Guru NgeBlog

Komunitas Sejuta Guru NgeBlog
Join us soon :)

I'm Blogger

I'm Blogger
@gurukimiaasyik
Designed ByBlogger Templates