WRITE WHAT YOU DO AND DO WHAT YOU WRITE

Tuesday, December 20, 2016

Ketua IGI Riau : Guru harus meningkatkan potensi diri dengan Teknologi


PEKANBARU (RPZ) - Masih dalam suasana semarak ulang tahun Ikatan Guru Indonesia (IGI) Riau, banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh para guru. Meski peringatan Hut IGI ke-7 tahun itu jatuh pada tanggal 26 November bulan lalu, namun belum habis disitu.

Para guru jajaran se-Provinsi Riau ini mengadakan acara spesial yakni menggelar Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT dan Animation Drawing.
Acara ini terpusat di gedung Pustaka Wilayah (Puswil) Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Minggu (11/12), yang melibatkan pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan para pahlawan tanpa jasa alias guru itu.

Acara dibuka pukul 08.00-16.00 WIB, ini dihadiri dihadiri Koordinator Widyaswara Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Khalis Binsar dan Tri Goesema Putra, M.Pd (Trainer IT Nasional serta Guru Berprestasi Riau Tingkat SMK).
Kedua pejabat ini hadir sekaligus sebagai pemateri dalam gelaran pelatihan yang dilaksanakan di ruangan Auditorium H. Ismail Suko tersebut.
Ketua Pelaksana, Delta Nia Marzuki SPd MPd mengatakan, tujuan utama kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang teknologi. Karena menurutnya, teknologi bisa dimanfaatkan untuk apa saja diera serba canggih dan modern saat ini.
"Misalnya untuk literasi berbasis IT, nantinya kita bisa memperdayakan siswa kita dengan literasi  berbasis IT sehingga mereka bisa membuat Blog sendiri," ujar Delta Nia, yang juga merupakan Ketua IGI Riau.

Lanjutnya, guru haruslah bisa membuat sebuah blog untuk berbagi informasi. Jika misalnya guru tidak bisa membuat Blog, bagaimana siswa nya juga bisa buat Blog.
"Ya, nanti mereka akan digali untuk menulis, untuk membaca, jadi internet itu hanya digunakan untuk hal yang positif blog itu dibuat," ujar Nia begitu sapaannya.

Dia menyebut, melihat fenomena saat ini kebanyakan guru-guru kompetensi nya masih rendah dan masih banyak Guru yang masih tidak mengerti dengan IT. Bahkan juga masih banyak Guru yang saat ini takut mengekpresikan potensi yang dimilikinya.
"Kita tahu saat ini anak-anak sudah berkembang. Anak-anak ilmu nya juga sudah bertambah. Jadi itulah IGI perlu untuk menggali potensi guru-guru utama nya dibidang teknologi ini," ungkap Delta. Apalagi sekarang ini hampir semuanya menggunakan teknologi. Makanya IGI ikut menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
"Kalau zaman butuh ini, guru harus bisa ini. Begitu," ujar Nia lagi.
Diharapkannya, melalui pelatihan ini para guru yang ada d Riau dapat termotivasi untuk berkembang bersama teknologi. 

Sementara itu, Kordinator Widyaswara Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Khalis Binsar mengapresiasi kegiatan yang di taja oleh IGI Riau ini. Sebab dengan adanya kegiatan tersebut bisa lebih untuk meningkatkan potensi dari guru-guru, utama nya di bidang teknologi. Guru saat ini harus bisa mengikuti zaman. Karena kita lihat tekonologi sangat mendominasi," tegas Khalis.

Oleh karena itu, para guru harus bisa lebih menguasai tekonologi, karena nanti akan sangat bermanfaat bagi guru-guru itu sendiri, dan untuk muridnya.
Terkait dengan adanya kegiatan yang digelar IGI Riau ini, Khalis juga memberikan apresiasi kepada panita yang telah sukses dan memberikan motivasi kepada guru untuk memiliki potensi diri dalam berteknologi.

"Kegiatan ini masih HUT IGI Riau ke-7. Kita berikan apresiasi kepada panitia dan ketua IGI Riau. Kedepannya lebih eksis meningkatkan potensi para guru," tutup Khalis.PPG

Sumber Link:


Post a Comment

Follow by Email

Terima kasih atas komentar anda :-)

My Data

Follow me

About Me

My NetworkedBlogs

Designed ByBlogger Templates