SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENDIDIKAN KIMIA SMK ASYIK BERSAMA TRI GOESEMA PUTRA SAHABAT TEKNOLOGI RIAU TAHUN 2023

Saturday, May 31, 2014

ANDROID, PERANGKAT PEMBELAJARAN ERA BARU

Assalamualaikum Wr. Wb

ANDROID ALQIS 1

Alhamdulilah, puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah memberi kita kesehatan dan kesempatan untuk selalu berbagi dan terus berbagi. Apa kabar para sahabat guraruers Tri GP : @gurukimiaasyik? Semoga para sahabat guraruers kami sehat selalu. Aamìn :)

Di sini saya mencoba untuk berbagi tentang “ANDROID, PERANGKAT PEMBELAJARAN ERA BARU”

Perkembangan teknologi mobile yang begitu cepat membuat kita ingin tahu dan mencoba sesuatu yang baru tersebut. Para peserta didik kita sekarang umumnya sudah memiliki hp/tablet/smartphone yang super canggih. Kita sebagai pendidik mau tidak mau wajib untuk mempelajari dan menggunakannya. Yang lagi trend masa kini dikalangan siswa/peserta didik kita adalah “Android”. Apa sih android itu? Android adalah plaform sistem operasi pada perangkat mobile (seperti smartphone/telepon selular atau sejenisnya) yang sudah mulai banyak diaplikasikan para vendor besar dan terkenal.

ANDROID 2

Saya belum lama menggunakan Android, tapi potensi aplikasi android ini sangat besar untuk kita gunakan dalam proses pembelajaran. Kecil aplikasinya dan besar manfaatnya. Sudah selayaknya kita memanfaatkan berbagai aplikasi android ini sebagai perangkat pembelajaran bagi siswa dan guru. Android merupakan “Perangkat Pembelajaran Era Baru” yang berpotensi besar untuk terus dikembangkan oleh GURARU (Guru Era Baru) di abad teknologi informasi saat ini. Semoga kemajuan teknologi ini mengantarkan kita menjadi “Guru Era Baru” yang sanggup memanfaatkan aplikasi-aplikasi Android dalam proses pembelajaran kita di sekolah.

Di dalam aplikasi android tersedia yang berbayar dan gratis. Contoh yang sudah saya coba aplikasi Android itu adalah untuk pengajaran dan pembelajaran kimia. Menurut saya aplikasi kimia itu sangat cocok sekali bagi siswa. Banyak kemudahan yang ditawarkan seperti alat kalkulator penghitung massa molekul relatif suatu senyawa. Kita tinggal memasukkan rumus molekulnya maka kita sudah mendapatkan besarnya massa molekul relatif. Dengan smartphone kita dapat belajar dengan mudah dan cepat dalam gengaman tangan sudah bisa menjelajah dunia. Bagi rekan-rekan guraru yang menggunakan sistem aplikasi Android jangan lupa mengunjungi web ini yang menawarkan Aplikasi Android

Langkah-langkahnya:

          ANDROID 3
  • Cari menu searchnya (Search for applications)
          ANDROID 4
  • Lalu ketik kata kuncinya dan tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan serta disarankan menggunakan bahasa inggris. Misalnya : Kimia diketik (Chemistry) Misalnya saya mengajar pelajaran kimia maka saya ketikkan saja pada menu search kata kunci “Chemistry”.
           ANDROID 5
  • Contoh Aplikasi Adroid Kimia (Chemistry Calculation) dapat di download di sini atau download .apk di sini
  • Untuk diketahui bahwa bukan hanya untuk kimia saja, masih banyak lagi aplikasi yang tersedia dan gratis pula seperti: fisika, biologi, matematika, kamus, game, dan lain-lain.

 

Beberapa pendapat siswa dan tugas siswa dalam pemanfaatan mobile learning dalam pembelajaran:

* Pendapat Bayu Chendoel's (Novi Bayu)

Smartphone/tablet adalah jantung teknologi tanpa smartphone orang dibilang gaptek (gagap teknologi). Setiap detik kemajuan informasi terdapat di smartphone. Gak ada Smartphone, Gak Rame :)

Math Triks.apk dapat di Unduh di SINI

BAYU CENDOLS ANDROID

* Pendapat Aysha Cutekk

Menggunakan mobile/smartphone untuk pembelajaran yang belum kita ketahui dan mendapatkan informasi-informasi yang kita cari agar bisa kita ketahui.

socratica chemistry.apk dapat di Unduh di SINI

ASYAH CUTEK ANDROID 2

      * Pendapat Al Zoubi Amal

Penggunaan Mobile/Smartphone pada pembelajaran adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, mudah digunakan untuk browsing, dan sebagainya.

Chemisty Mobile Free.apk dapat di Unduh di SINI

       AMAL ANDROID 3

      * Pendapat Rut Sahanaya Katrina Elisabet

Penggunaan Mobile/Smartphone untuk pembelajaran adalah mencari informasi penting dan mencari yang belum kita ketahui dan menjadikan pembelajaran lebih asyik dan seru

Math Formulary.apk dapat di Unduh di SINI

RUTH SAHANAYA ANDROID 4

Kumpulan Foto Siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan mobile learning:

  • Seriusnya siswa mengerjakan tugas kimia dengan menggunakan mobile learning (laptop dengan modemnya)
          ANDROID 6
  • Pagi-pagi siswa sudah memanfaatkan mobile learning untuk mencari tugas.

          ANDROID 7

Semoga bermanfaat buat sahabat guraru yang mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android bagian dari model pembelajaran dengan menggunakan mobile learning (m-learning). Aamiin. :)

Wassalamuaalaikum Wr. Wb.

 

Web. Kimia SMK Asyik

http://www.trigpss.com/



No comments:

Terima kasih atas komentar anda :-)

Categories

Games Kimia (147) KIMIA MULTIMEDIA (137) MEDIA PEMBELAJARAN (128) INFO PENDIDIKAN (92) BUKU KIMIA (88) Blogger (74) PRAKTIKUM (68) VIDEO (53) Modul Media (50) Modul (44) SOAL KIMIA (42) Kemdikbud (39) Rumah Belajar (39) Laboratorium (38) Pusdatin (37) SRBRiau2020 (33) Tip Trik Media Pembelajaran (30) DRB Riau (22) PERCOBAAN KIMIA SEDERHANA (22) Diklat Online (20) #pembatiklevel4 #sahabatteknologi2023 #MerdekaBelajar #PlatformMerdekaMengajar #SahabatTeknologi #PembaTIK2023 #PembaTIKLevel4 (19) BUKU KOMPUTER (19) INFO (18) IPTEK (18) PembatikLevel4 (18) SRB Riau (12) LOMBA (11) PembaTIK2022 (11) Diklat Guru NgeBlog (10) Karya Ilmiah (9) DutaRumahBelajar2022 (8) PusdatinKemendikbudristek. PembaTIK2022 (8) RumahBelajar2022 (8) SRBRiau2022 (8) Kurikulum 2013 (7) MULTIMEDIA (7) PROGRAM KEAHLIAN GANDA (7) Assemblr (6) IGI (6) Kurikulum (6) assemblredu (6) BerbagiTIK (5) FORTOFOLIO TUGAS SISWA (4) INDITIK (4) Kelas X (4) Materi (4) PusdatinKemendikbudristek (4) assemblrworld (4) AGENDA IGI (3) DutaRumahBelajar2021 (3) PembaTIK2021 (3) RumahBelajar2021 (3) SOAL ONLINE (3) AR (2) Buku (2) HUMOR KIMIA (2) KUMPULAN TUGAS SISWA (2) PRESTASI (2) PUISI (2) PusdatinKemendikbudristek. (2) TTS KIMIA (2) belajar.id (2) 3D (1) Akun Belajar (1) Akun Pembelajaran (1) Animasi (1) Dinas Pendidikan (1) DiseminasiTOT (1) GWE (1) GuruInovati (1) MIEE (1) Menulis Rumus Kimia (1) Microsoft365 (1) Office365 (1) PusdatinKemendikbudristek. PembaTIK2021 (1) Refo (1) Riau (1) SMK (1) Soal (1) TRAINER IT (1) TV_Edukasi (1) Tokoh Ilmuwan (1) Trainer (1)

Salam Guraruers

Salam Guraruers
Tri GP : @gurukimiaasyik

My Data

About Me

One Teacher One Blog

Komunitas Sejuta Guru NgeBlog

Komunitas Sejuta Guru NgeBlog
Join us soon :)

I'm Blogger

I'm Blogger
@gurukimiaasyik
Designed ByBlogger Templates